Tiga alasan kenapa kamu harus denger lagu "REWRITE THE STARS"

All ai waaant is to flaaaaaaay with you
All ai waaant is to faaaaaaalll with you

Sudah nonton film The Greatest Showman ? yang sudah nonton gimana filmnya ? seru kan ? buat yang belum nonton kalian harus nonton karena ini salah satu film terbaik menurut gue. Pertama kali nonton tanpa ekspektasi apapun, tapi ternyata yaampuuun bagus banget ini film, hampir semua aspek dari sebuah film The Greatest Showman ini bagus.

Cerita dari filmnya sendiri sederhana dan unik, cerita seorang anak laki-laki dari orang tua budak suruhan yang misqin namun dia yang punya mimpi membentuk dan memimpin sebuah “the greatest show”. Singkatnya, dia tetap mengikuti passion dan mimpinya. Dan satu lagi, anak laki-laki ini juga memperjuangkan gadis impiannya sejak kecil untuk berjalan dan berlari melintasi kehidupan bersama-sama. Semuanya itu berasal dari titik terendah.

Film The Greatest Showman ini dikemas dengan sangat sangat bagus, ga ada bagian-bagian yang bikin bosen. Alur ceritanya epic, drama dan konfliknya nda neko-neko. Seluruh aspek film ini punya kekuatan masing-masing untuk membawa The Greatest Showman menjadi film yang luar biasa. Hal ini terbukti film ini menyabet 5 penghargaan bergengsi seperti Best Grownup Love Story (AARP’s Movies for Grownups Awards), Big Budget – Comedy (Casting Society of America), Best Original Song – Motion Picture (Golden Globe Awards), Outstanding Achievement in Sound Editing – Musical (Golden Reel Awards) dan Truly Moving Picture Award (Heartland Film Festival).

Udah banyak penghargaan yang diterima masih ga mau nonton juga bre ?
Semua aspek dalm film ini itu udah bagus banget, tapi ada salah satu kekuatan yang paling mendominasi dari film ini. . . coba tebak apa hayo ?

YAAAP. .  SOUNDTRACKNYAA, lagu “This is Me” menyabet Best Original Song dari Golden Globe Awards. Kalo didengerin dan diperhatiin semua dari soundtrack lagu ini bagus semua, catet ya, syemuaaanyaaaa. Ga ada satupun lagunya yang jelek dan membosankan.

Tapi, menurut gue sendiri, salah satu lagu dan scene terbaik dari film ini adalah konflik antara Philip Charlyle (Zac) dan Anne Wheeler (Zendaya), ear catching dan touchable itu adalah lagu “Rewrite the stars”, lagu ini dinyanyikan oleh Zach Efron dan Zendaya, penyanyi, penari, aktor. Paket komplit lah pokoknya.

longform-original-7718-1513678729-11
Zac Efron and Zendaya (source : Buzzfeed)

Belum dengerin lagu nya kan, coba dengerin disini :

Paling engga ada tiga faktor utama kenapa lagu Rewrite the stars cocok jadi playlist harianmu. Gue sendiri, selama tiga hari berturut-turut dengerin satu lagu yang sama dan terus berulang, ya lagu Rewrite the stars ini sendiri. Lewat lagu ini endorfim dalam tubuh seperti menjadi lebih banyak, bawaannya seneng dan bahagia terus deh, kadang sampe senyum-senyum sendiri.

Nah kita balik lagi nih, ada tiga faktor mendasar menurut gue yang bikin lagu ini hidup dalam diri gue

1. Nada yang ear cathing

Nada dari lagu akan membuat kesan pertama atau first impression pada audiensinya. Nada mengenalkan lagu pada pendengarnya, jika nada dari sebuah lagu tertangkap dengan ena (easy listening) oleh pendengarnya, tidak butuh mengulang atau berpikir berulang untuk menikmati magisnya dari sebuah lagu ini. Menurut gue, lagu rewrite the stars ini mudah diterima oleh semua kalangan, ya kaya gue ini yang ga terlalu ngerti musik secara dalem, asalkan enak gue denger ya gue suka. Dan gue suka lagu rewrite the stars.

2. Aransemen musiknya yang megah

Karena film ini adalah film musikal, aransemen yang digunakan pada semua lagu benyak menggunakan peralatan orchestra, tidak cuma seperangkat alat band semata (gitar, keyboard, bass, drum) namun lebih dari itu, kalau didengarkan banyak suara-suara yang  sehingga lagu yang nyanyikan diiringi dengan musik yang megah namun tidak njlimet tidak dengan chord-chord klasik yang ribet. SIMPLE, sederhana namun megah. ternyata kesederhanaan itu sebuah kemewahan tersendiri. Semoga untuk selanjutnya Hollywood dalam membuat sountrack sebuah film tidak hanya memakai peralatan orkestra, tapi juga alat-alat dari local wisdom Indonesia yang unik-unik seperti angklung, gamelan, kicrikan dari tutup botol sprite, sekalian dengan Via Vallennya mister.

3. Liriknya yang touchable.

Lirik dari sebuah lagu adalah jiwa bagi lagu itu sendiri, ketiga hal ini (nada, aransemen dan lirik) semua nya penting, namun yang menghembuskan nyawa sehingga lagu tersebut menjadi hidup adalah lirik itu sendiri. Lirik “Rewrite the stars” kurang lebih menceritakan tentang cinta dari dua orang yang berbeda latar belakang, Si laki-laki dari kalangan keluarga terpandang, sedangkan perempuannya dari kalangan biyasa saja. Sejak awal pertemuan Phillip ini sudah jatuh cinta dengan Anne. Phillip optimis cintanya bisa bersatu dan mereka bisa bersama, sedangkan Anne bersikap sebaliknya, dia pesimis, bukan karena tak cinta tapi juga karena dia minder akan kondisinya sendiri. Namun, pada akhirnya mereka (bisa) bersatu, kan jadi bagus :”)

tumblr_static_7mglfb8eagcogss8c4sks4c40_640_v2
source : Tumblr

Lirik bagian kesukaan gue pada bagian :

ALL AI WANT IS TO FLAAAAAYY WITH YOU
ALL AI WANT IS TO FAAAAAALL WITH YOU

ASELI, lagu bagian itu candu banget. Jeritan hati yang paling dalam tersampaikan “Gue itu pengen banget terbang sama kamu, even jatuh pun gue gapapa kalo sama kamu dek” syalalala.

Pusat dari magisnya lagu ini emang ada di bagian bridgenya, partnya cuma singkat tapi ngangenin. Dari semua aspek, bagian ini yang tersimpan manis di hati gue. 

Kok jadi inget lagu kangen band ya.
Peluk erat diriku, terbanglah bersamaku
Rebahkan sayap-sayap patahmuu uuu uuuuu
LOL

 
Yang jelas, lagu kangen band rewrite the stars memang cocok jadi playist penyemangat hari-harimu.

2 Replies to “Tiga alasan kenapa kamu harus denger lagu "REWRITE THE STARS"”

  1. Pertama kali gue denger lagu ini di radio, langsung gue cari lagunya dan gue download karena enak banget. Yang paling gue suka dari lagu ini selain suara Laki-nya Zac Efron adalah perdebatan soul optimisme dan pesimisme dari pasangan yg saling mencintai. Buat gue ini lagu duet yang unik. Lirik yang paling gue suka adalah “Cause you are the one i was meant to find”. Nice review!

Leave a Reply