RasaBercerita : Waktu

Bagian Satu

Akhir juli yang lalu, Nisa, salah satu anggota manis manja group, kelompok yang berhasil bersekutu dan berserikat karena persamaan rasa dan nasib, tersesat di jurusan yang salah menikah. Salah satu sahabat dari teman satu angkatan dari sastra Jepang 2011 sudah pecah telor. Dan kini Nisa tak kan pernah sama lagi.

Seminggu kemudian, Nadya S Savitri, salah satu teman baik saya akhirnya sidang. Bukan sidang perkara pidana tapi sidang skripsinya. Sidang Nadya ini sekaligus menjadi penutup kalau Sastra Jepang angkatan 2011 sudah selesai untuk berada di kampus sebagai mahasiswa S1. Tahun ketujuh, tahun terakhir bagi kami, akhirnya dengan susah payah, Nadya berhasil menyelesaikannya studinya di Semarang.

Flashback

Juli 2011 saya seorang diri memantapkan hati untuk pergi merantau ke Pulau jawa, untuk pertama kalinya saya naik pesawat, sok ide tentang transit dan akhirnya berhasil mendarat di Semarang. Beberapa hari kemudian saya daftar ulang sebagai mahasiswa sastra Jepang Universitas Diponegoro. Bulan Agustus 2011, ospek hari pertama ada, disana saya bertemu teman-teman yang akan menjadi rekan bersama untuk melanjutkan cita-cita dan harapan masing-masing kehidupan kami, salah dua dari banyak orang itu adalah Nisa dan Nadya.

Waktu semakin berjalan, semakin dia bergerak semakin terlihat juga bahwa ritme kehidupan antara kami para mahasiswa ternyata tak sama. Para partner berlari mengejar waktu juga semakin berkurang. Pada tahun ketujuh, Nisa menikah dan Nadya menyelesaikan tugasnya sebagai mahasiswa S1. Apakah ada yang salah ? tentu saja tidak. Apakah Nisa terlalu cepat dan Nadya terlalu lambat ? yang kita tahu mereka berdua masih sama-sama hidup, apakah ada rasa yang berbeda dari mereka tentang hidup mereka, tentu saja tidak ada yang tahu. Satu-satunya yang dapat memastikan semuanya ya waktu itu sendiri.

Kamu aman kok

Kadang kita merasa waktu itu kejam, dibuatnya kita untuk menunggu, atau diam-diam dia sudah berada jauh di depan sana dan kita harus berjuang untuk bisa sampai disana. Kadang dibuatnya kita terburu-buru bahkan sampai tidak ada yang bisa dilakukan lagi. Waktu juga menjadikan kita budak, dalam rentang masa tertentu kita harus berada disuatu tempat, atau dalam jangka waktu segitu kita harus melakukan ini.

Sampai akhirnya kita menyadari, kita lah waktu itu. Menselaraskan hidup kita sebagai entitas bagian dari semesta dengan waktu yang berjalan itu tidak mudah. Belum lagi setiap manusia mempunyai waktunya sendiri. Pada tahun yang sama Nisa dan Nadya berada di tempat yang sama dengan suasana yang sama, namun tujuh tahun kemudian susah mencari kesamaan diantara mereka ada dimana.

Waktu itu menjadi indikator penunjuk.

Cerita yang kamu buat, rasa yang kamu sentuh, dan harapan yang terbangun akan selalu berhubungan dengan waktu. Dan bukan menjadi hal penting lagi kalau kamu ada ditempat sebagaimana waktu yang tepat dimana kamu berada.

Ada orang-orang yang lebih maju dari masanya, dan ternyata banyak juga orang-orang yang tertinggal jauh dari zamannya.

Selamilah dirimu, rasakan jiwamu, lihatlah pikiranmu. Dengarkan suara yang berasal dari kamu sendiri. Sudah sampai mana seharusnya kamu, sudah seharusnya kamu berada disana. Tidak untuk membanding-bandingan dirimu dengan yang lainnya, tapi memastian kamu berada di garis yang tepat. Hiduplah sebagaimana seharusnya kamu hidup. Jangan biarkan pandangan-pandangan negatif tentang kamu ketika berhubungan dengan waktu terus menjadi monster yang tak bisa kamu kalahkan. Akan selalu ada kesalahan dan kekalahan ketika kamu tidak mengikuti waktumu, mengalir, let the flow justru akan membuat kamu terhanyut dalam jarak yang jauh antara dirimu yang sebenarnya dan dirimu yang seharusnya.

Menjadi kamu yang tidak akan selalu mudah, penjaga itu ; waktu akan membuat kamu jadi terikat selaraskan itu dan masuklah ke dalam riamanya.

And time will prove everything, cinta, janji, komitmen, kejayaan, kebahagiaan, penderitaan, luka, sakit hati, rasa hancur dan semua tentang hidupmu akan ditentukan oleh waktu atau waktu akan menentukan hidupmu.

Leave a Reply