MOVING “welcome gigihprayitno.com”

mulai dari nol lagi ya

Setelah beberapa tahun ngeblog, dari yang gue nulis seenaknya sendiri dan ga ada bagus-bagusnya, sampe sekarang yang tetep aja tulisan gue masih jauh dari kata bagus sih, akhirnya gue memutuskan untuk pindah dari domain gratisan ke domain berbayar, dari gigihprayitno.wordpress.com ke gigihprayitno.com. Bukan untuk sombong, tapi emang gue ngerasa gue agak dan cukup keren aja untuk hal beginian. Pertimbangan buat ganti domain ini sebenarnya udah lama banget, mulai dari sarannya Bang Tirta, romeogadungan.com sampe godaan adsense yang keliatannya menggoda banget. Intinya domain berbayar ini untuk memotivasi gue lebih sering nulis, dengan sering nulis berarti gue harus lebih banyak baca juga, lebih kritis lagi dan juga memaksa gue buat lihat sesuatu dari pandangan yang (mungkin) beda dari umumnya. Belum lagi cerita-cerita perjalanan gue, buku-buku yang gue baca, dan juga film-film Indonesia yang gue tonton. Karena ini blog pribadi bukan untuk kepentingan bisnis atau semacamnya jadi ya apa yang apa pengen gue tulis, tulis sahaja yha.

Balik lagi ke topik rencana gue pindah domain. Karena selalu berpikir dan berpikir sampe terlalu sering dipikirnya akhirnya selalu gajadi gue mau moving domain ini. Ribetlah, ga ada uang lah, takut ga produktif nulislah, banyaklah, tapi akhirnya gue kemarin memberanikan diri buat ngedm si Novi lewah ig untuk bantuin gue ngurus domain berbayar ini. Eh sumpah ya, ni si Novi emang orangnya baik banget. Bersyukur banget punya temen yang baiknya kebangetan, gue disuruh transfer, terus ditunjukkin apa yang harus gue lakukan dan dia sudah urus semuanya, dia yang bantuin gue buat build web yang baru dan juga convert semua data dari blog lama dan ke blog yang baru. Dan dia mau banget direpotin, dududu makasih banyak loh nop.

Oh iya, seenggaknya ada dua nilai yang bisa gue pelajari dari perpindahan blog gue yang baru.

1. Always keep making progress of yourself.

Awal gue nulis di blog itu ancur-ancuran, sok tau, sok kenal, sok asyik dan sok pinter. Pernah gue nemu blog lama gue, waktu itu gue masih pake blogspot (akhirnya gue pindah di wordpress wwkwkwk), gue coba untuk baca tulisan-tulisan awal gue itu, akhirnya dalem hati gue banyak komplen dan malunya wkwkkwk. Anjir nih tulisan jelek banget, hmm kurang panjang kayaknya, penjelasannya sedikit banget, lah kok malah jadi ga terarah gini. Akhirnya dari kesok-tauan gue tentang menulis yang ternyata parah banget, akhirnya gue sadar akan kesalahan gue, jadi mulai belajar, dari buat kerangka tulisan (thanks s2 manajemen unika LOL), ide-ide per topik dikembangkan dan diperluas lagi diberikan penekanan dan peneguhan hingga hal-hal yang mengutuhkan tiap topik. Biasanya gue dari hal khusus baru ke hal yang umum dulu, gue riset hal-hal yang dibutuhin. Biasanya waktu untuk riset, cari data, udah makan banyak waktu banget. Gue beritikat untuk berusaha kalau tulisan gue punya batas minimal 1000 kata, ya walaupun ga semua bisa terpenuhi (biasanya kalau review film atau buku ga sampe segitu). Akhirnya tulisan-tulisan dari ide sederhana itu gue godok dengan serius, meskipun kadang hasilnya ga begitu memuaskan, tapi itu udah jadi kebahagiaan buat gue sendiri.

Setelah di penulisan, ga berhenti sampe situ aja, masih perlu editing yang kadang butuh dibaca ulang berulang-ulang kali, menambah dan mengurangi biar dibaca lebih enak dan nyambung. Setelah editing berulang-ulang, gue harus nyari photo yang nyambung, menarik dan ga melanggar copyright, biasanya antara dokumentasi pribadi atau web penyelia photo gratis seperti pixabay dan pexels. Masih banyak hal sih sebenernya, semua hal yang gue tulisin tadi ga bisa dipelajari dalam satu waktu, pelan-pelan dan bertahap, sampe sekarangpun gue ngerasa masih payah kalo nulis, ga percaya ? coba deh nulis 1000 kata wkwkwk. Latihan dari tahap kecil ini membuat gue punya intuisi yang dibiasakan, jadi emang perlu latihan demi latihan, konsisten, dan persisten. Sekarang gue juga lagi mau mulai belajar tahap demi tahap hal-hal baru, apa itu ? ya tunggu tanggal mainnya aja ya.

2. Jangan takut kenal dengan banyak orang.

Mungkin ini agak aneh sih, apa hubungannya perpindahan dari domain gratisan ke domain berbayar dengan punya kenalan banyak orang. Kaya yang udah ditulis di awal, gue punya temen yang mau direpotin banget. Dia ngasih tau step by step tahapannya, bahkan dia bantu coding untuk build web, dari yang mensignature.net (yang ampe sekarang belum gue jalanin), gue gatau build web itu gampang atau susah, tapi yang jelas gue GA BISA, bersyukur nopi bisa dan emang berkecimpung di dunia per-blog-an. Btw, awalnya gue kenal si Novi ini dari KKN. Waktu itu  januari 2014. kebetulan kita satu tim, walaupun kita dari satu fakultas yang sama tapi jurusan kami yang berbeda agamapun juga wkwkwkwk, gue ga kenal sama si Novi ini, tapi ternyata kita punya ring yang sempit, beberapa temen gue kenal dan akrab sama dia. Udah baik, ramah, pekerja keras, kreatif, suka ngebantu lagi. Bahkan dari tim KKN gue, cuma si Novi ini yang masih intens berkomunikasi sampe sekarang. Siapa sangka, orang satu tim KKN lo bakal ngebantu lo banyak banget untuk kepentingan lo sendiri.

Sebenarnya ga sama Novi ini aja gue deket, gue punya banyak temen yang deket dari ketidaksengajaan. Awalnya cuma ketemu bentar atau apa gimana gitu, eh malah jadi salah satu orang dalam pertemanan yang saling support, curhat, becanda gitu. Makanya jangan kaget kalo gue emang punya (lumayan) banyak temen. Ga ada yang bisa mereka-reka kan hal-hal dimasa depan, mungkin kita bisa bayangin impian kita seperti apa dan bersama dengan siapa, tapi ketidakpastian itu akan menjadi satu-satunya kepastian dalam hidup kita (mulai berfilsafat khaaan). Siapa yang sangka temen satu kelas waktu les jadi temen sharing tentang passion, politik dan kepedulian untuk bangsa ini, siapa sangka pertemuan di kediri bisa jadi temen yang tau segalanya tentang hidup gue, siapa sangka temen KKN bisa jadi temen diskusi untuk buat blog dan semua hal tentang dunia itu.  Gue udah punya banyak temen, tapi gue masih pengen punya lebih banyak temen lagi, bukan untuk memanfaatan mereka, tapi untuk melihat dunia yang jauh lebih luas dari yang pernah gue lihat sebelumnya, trust me, it’s work, you’ll be amaze abt that.

Satu hal yang gue yakinin (ini sebagai penyemangat pribadi sih), kalo elo niat, berusaha dan mulai ambil tindakan, terus bisa konsisten, gue percaya semesta ga tinggal diam sih. Yang mengatakan hidup itu adalah tentang pencapaian satu dan pencapaian yang lain, jangan heran kalo lo bakal kehilangan hidup lo sendiri tanpa menikmati hidup lo sendiri. Tugas kita adalah memastikan kalo kita emang ada di jalan yang benar dan apakah kita terus berjalan apa cuma berhenti di satu titik aja, tanpa buat movement apapun. Domain baru di blog gue, gue jadikan ini sebagai milestone untuk mengingatkan gue dan mengencourage gue, lo sudah ada di jalan yang tepat sekarang lo usahain diri lo terus berjalan di trek yang udah lo pilih.

Ya semoga aja, gue akan terus jalan di jalan yang emang ini gue banget untuk hidup. Hidup tanpa harus kehilangan esensi hidup itu sendiri. Jadi jangan lupa main-main ke gigihprayitno.com

Stay Excellence

Leave a Reply