Terutuk Kamu yang Ragu Memulai untuk Banyak Hal Baru, Seru Tau

Yang namanya keluar dari zona nyaman tentu saja enggak enak.

Bukan karena hal itu buruk buat kita justru karena kita udah males untuk coba dan beradaptasi dengan hal-hal yang baru.

Seberapa sering kita ragu ketika dihadapkan dengan hal-hal  baru ? Keraguan itu ada karna kita ga mau lagi buat mulai semuanya lagi dari awal. Dan kadang kita nganggap semua hal yang tidak pernah kita coba, at least untuk dikenal itu bukan sesuatu yang penting untuk kita.

Karena kita sudah nyaman, kita takut hal-hal diluar zona nyaman selalu menghasilkan hal negatif.

Sebenarnya, ga sepenuhnya apa yang tidak kita tahu itu selalu berdampak negatif buat hidup kita, juga sebaliknya, kadang hal-hal baru yang kamu hadapi bisa juga tak berdampak positif, selama kita engga mencoba kita ga bakal tahu apa yang akan terjadi kan?

Mencoba hal-hal baru itu banyak macamnya, coba solo traveling buat mereka yang suka traveling, baca buku dengan genre yang baru, coba part time, bahkan untuk hal yang lebih privasi lagi, coba buka hati untuk seseorang yang baru.

Ketika kita coba hal baru, kita mendapatkan pengalaman dan pelajaran baru.

Tapi selalu ketakutan itu yang sering buat kita gentar.

Rentang waktu dari 2016 sampe 2018 yang lalu, ada banyak hal-hal baru yang gue coba, lihat dan dengarkan. Coba baca buku puisi yang sebelumnya ga pernah dibaca sama sekali, dengerin podcast, nonton video-video yang sebelumnya bukan aku banget.

Kalau kamu mau coba hal-hal baru, ya mulai aja dulu dan gausah dipaksa, nikmati alurnya secara perlahan, kalau emang bukan minatnya ya tinggalin.

Sebagai tipe orang yang kalu udah suka sama sesuatu pasti ngikutin terus, mencoba hal-hal baru itu bukan hal yang mudah. Tapi sekarang malah banyak hal-hal yang bisa gue kenal dan ketahui seperti selalu ngikutin Podcast Awal Minggu nya Adriano Qolbi, Curhat Babu, Thirty Days of Lunch, Magdelene, Talk Indonesia, The Rasyestu Show, sesekali juga dengerin Ted-ed, ngikutin video blognya dari Paguyuban Pamitnya Meeting, Asumsi, Agung Hapsah, Pandji Pragiwaksono, Baca Steller nya Andrea Gunawan aka @Catwomanizer dan sederet kecil orang yang pemikirannya bisa menjadi sumber cara berpikir yang berbeda.

Keseringan ngikutin mereka itu bukan karena ketika pertama kali lihat dan dalam waktu itu juga langsung suka, sebagian besar ya enggak, awalnya ya coba-coba dengerin, coba-coba baca, coba-coba tonton dan keterusan sampe di sini.

Itu adalah hal-hal kecil gimana gue coba keluar dari zona nyaman dan mulai mencoba hal yang baru. Gue nulis ini pun bukan karena apa-apa, tapi untuk meyakinkan gue sendiri untuk banyak hal baru yang akan gue lakukan di tahun 2019 ini, enggak gampang karena butuh konsistensi yang mempertaruhkan hidup uga.

Seenggaknya ada beberapa hal yang bisa kita tahu ketika kita memulai buat mencoba sesuatu yang baru.

Ketika kita mencoba sesuatu, setidaknya ada dua kemungkinan kita akan berhasil atau tidak, sedangkan kalau kita tidak mencoba sesuatu makan kita punya satu kepastian.

Semakin usia kita semakin menua, kita diperhadapkan dan kadang dipaksa untuk mencoba sesuatu yang baru, pemikiran yang berbeda, kadang harus keluar dari kotak-kotak kenyamanan kita sendiri.

Buat yang sudah lama dan nyaman sendiri, tentu ga mudah buat buka hati dan mempersilahkan diri untuk mengenal orang lebih dalam, walaupun ada keinginan buat membuka untuk orang yang baru, itu bukan hal yang mudah.

Buat yang terlalu nyaman dengan siklus kuliah-tugas-rapat bagi mahasiswa produktif atau mereka yang hanya datang ke kampus hanya untuk menunggu dan menunggu bimbingan bagi para mahasiwa semester besar tentu ga mudah ketika kamu pengen memperbaiki portofolio yang bisa ditaruh di CV mu, udah ah ini udah cukup buat saya.

Buat yang sudah terbiasa kantoran, tentu ga mudah buat merintis usaha sendiri meskipun sudah ada keinginan untuk melakukan itu.

Buat yang udah nyaman tinggal di suatu kota dengan lingkungan pertemanan yang solid, tentu tidak mudah pergi dari kota itu dan melepaskan semua hubungan karena harus berpindah demi tuntutan dan tanggung jawab yang lebih besar.

Buat yang udah kerja dengan penghasilan yang cukup dan lumayan lah, tentu tidak mudah kalau harus belajar sesuatu yang baru lagi yang bisa mengupgrade diri untuk bisa naik dalam tingkatan kehidupan yang lebih besar.

Semuanya tidak mudah.

Tapi kalau tidak kamu coba dan mulai, nantinya hidup kamu yang jadi tidak mudah.

Coba aja dulu pelan-pelan ga usah terlalu dipaksa yang penting kamu bisa mengenali kamu sedang belajar sesuatu yang kemungkinan besarnya ada dua, kamu akan cocok atau tidak.

Kalau cocok kamu bisa lanjutkan itu, atau kalau emang sepertinya dirasa sudah cukup ya tinggal ganti dengan hal lainnya lagi.

Kalau kamu ga coba buat mulai belajar bahasa baru, kamu tidak akan bisa berbahasa itu dengan fasih.

Kalau kamu tidak mau buka hati untuk sebuah kesempatan yang baru, kamu enggak bisa dapet pasangan.

Kalau kamu tidak memutuskan pindah demi karir dan kehidupan yang lebih baik, dengan banyak pertimbangan tentunya, ya kamu akan berhenti dan berputar-putar di tempat yang sama.

Kita hidup di zaman yang berbeda dengan tantangan yang semakin beragam, dari sisi karir, teknologi, psikologis, kehidupan bersosial, tentang relasi dengan lawan jenis, semua tentang kehidupan ini sudah banyak pemikiran-pemikiran baru yang tumbuh dan berkembang.

Jadi kalau kamu diam saja, ya kamu tidak akan kemana-mana.

Dan yang lebih menyedihkan kamu akan semakin tertinggal jauh, artinya kamu harus mengeluarakan ‘harga’ yang cukup besar.

Kalau kamu takut dengan resiko dan konsekuensi yang besar, pelan-pelan aja dulu ga usah tergesa.

Jadi, sudah siap buka hati ?

Leave a Reply