MISI 21

Beberapa waktu yang lalu, karena sesuatu hal *baper, salah satu moodbooster saya adalah pergi ke Getsemani atau ke Toko Buku (Gramedia). Karena saat itu berada di kampus pleburan untuk bimbingan, dan negara api menyerang, setelah bimbingan dengan pikiran yang keruh dan sangat kacau, akhirnya saya pergi ke Gramedia Pandaran, untuk memulihkan mood yang hancur lebur. Di Gramed, selalu yang menjadi tujuan utama adalah rak buku-buku rohani, ga tau kenapa ga suka baca novel, kaya seperti yang lainnya. Setelah melihat-lihat di rak buku rohani, saya berpindah di rak buku psikologi dan pengembangan jiwa. Ada satu buku yang sampulnya menarik perhatian saya, yaitu buku ULTIMATE U2 karya Rene Suhardono, seorang Coach Carrier yang selalu bicara tentang Passion, Purpose dan Value. Saya baca sedikit tenang buku itu, hmmm, lumayan menarik juga. Lalu saya melihat ucapan terima kasih yang Rene tuliskan dari banyak nama, terselip nama Jose Carol dan Jeffrey Rachmat, dua orang yang sangat menginspirasi hidup saya. Tanpa pikir panjang, saya ambil buku itu, pergi ke kasir, dan bayar. Dan akhirnya ULTIMATE U2 menjadi milik saya, dan tak lama setelah itu saya juga membeli ULTIMATE U yang pertama. Pikiran Rene tentang Passion, Purpose, dan Value membuat pikiran saya berbenturan dengan pola pikir Rene, membuat saya menjadi bergairah untuk keluar dari Zona Nyaman. Dengan gaya penulisan yang menarik dan super kreatif, buku ini merupakan salah satu buku yang tidak membosankan, memancing, menggoda, dan menantang untuk hidup berdasarkan tuntunan dari Gusti Allah sendiri. Tuntunan itu bernama Passion dan Purpose.

Iseng-iseng membuka youtube, dengan keysearch saya tulis nama Rene Suhardono, ada beberapa video tentang Rene yang muncul, dan saya tertarik melihat salah satu video yang diunggah oleh TEDx Jakarta, dengan pembicara Rene yang berjudul Passion, Purpose dan Value. Diakhir video tersebut, Rene membuat CHALLENGE buat semua yang audience, CHALLENGE itu dinamakan MISI21.

APA ITU MISI 21 ?

MISI21 adalah melakukan kegiatan yang baru setiap harinya, kalau sudah dilakukan kemarin ga bisa dipake lagi untuk laporan di hari selanjutnya. Dan selama 21 hari itu semua pengalaman dan pelajaran harus dituliskan kedalam jurnal pribadi atau blog sendiri. Sebenernya challenge MISI 21 sudah dicetuskan oleh Rene pada tahun 2011 yang lalu, dan karena saya kekiniannya baru di tahun 2016, ya apa boleh buat, daripada enggak sama sekali ya ga ada salahnya buat menjalankan MISI 21.

Beberapa kicauan dari twitter @MISI21 yang bisa saya kutip.

MISI21 adalah melakukan 1 minimal 1 hal baru, asyik, terpuji setiap hari selama 21 hari berturut-turut tanpa putus.

MISI21 adalah tantangan pribadi untuk keluar dari penjara pikiran, melakukan hal baru dan menikmati hidup

MISI 21 adalah tantanga untuk menjadi BERBEDA, menemukan Passion, Purpose dan Value.

MISI 21 adalah salah satu jalan menemukan kembali ‘passion’ yang sudah tertanam dalam diri masing-masing. Think Less, Fell More. Worry Less, Do More.

MISI21 adalah komitmen dari dan untuk diri sendiri. Ukuran keberhasilannya adalah kejujuran, keberanian dan kepedulian.

Kenapa harus 21 hari ?

Riset menemukan bahwa untuk melakukan habit baru dan meluluhkan habit lama memerlukan 21 hari. Dalam 21 hari tubuh kita melakukan regenerasi sel. Dan hal-hal baru atau kebiasaan baru yang kita coba lakukan dalam 21 hari itu akan masuk menjadi sebuah pola baru. Membangun sebuah habit baru yang baik, butuh pengulang yang berulang-ulang.

Karena challenge ini sudah 2011 yang lalu, saya merubah sedikit pola di MISI 21, bukan hanya sekedar melakukan hal-hal baru, tapi mengunjungi tempat-tempat baru. Ada Lima kota yang akan saya kunjungi yaitu JOGJAKARTA, SOLO, SALATIGA, WONOSOBO dan SEMARANG, dan dua kota persinggahan yakni MAGELANG dan JEPARA. Di kota-kota tersebut banyak tempat yang akan saya kunjungi, baik tempat wisata maupun perbelanjaan, dan kegiatan akan banyak di SEMARANG. Ada hal-hal baru yang ingin saya coba di tempat ini, seperti berjalan kaki dari Tugu Muda ke Simpang Lima, kemudian mencoba ikut komunitas Semarang Runner, Menjajal membaca dan menulis di café sekaligus perpustakaan di Deqiko, mencoba rasa dari martabak MARKOBAR buatan anak Orang Nomor Satu di Republik ini, selfie di puncak menara merbabu kalo berani. Dan masih banyak hal menarik lainnya yang ingin dilakukan, membuat cerpen, puisi, lagu, dan masih banyak hal lagi.

Mungkin akan banyak hal baru yang akan dilakukan diluar rencana dan ada hal-hal dalam rencana yang malah tidak jadi dilakukan, it’s doesn’t matter. Yang penting tetap menikmati hidup

Berhubung Grand Design MISI21 belum jadi 100%, maka gambar design dan rencana apa saja yang akan dilakukan belum bisa dijelaskan secara detail.
Percayalah semua akan ada waktunya :”

Leave a Reply